Apakah Anda akan menginstal Telegram? Tunggu, tahu apa yang dikatakan pencipta Signal.

Post a Comment

 


 

Ketika berbicara tentang platform komunikasi melalui pesan dan seterusnya, biasanya dikatakan bahwa Telegram adalah salah satu yang paling aman. Namun, ada yang mengatakan bahwa bahkan tidak menyebutkan bahwa WhatsApp lebih aman daripada Telegram.

Moxie Marlinspike, pencipta Signal, baru-baru ini mengatakan bahwa dia tidak setuju dengan "judul" dari "platform yang lebih aman" yang sering diberikan kepada Telegram.

Telegram memiliki fungsi yang meragukan.

Dengan kegagalan WhatsApp, Telegram memperoleh ribuan pengguna. Selain itu, Telegram selalu dikenal sebagai salah satu yang paling aman di industrinya.

Fakta bahwa pesan dienkripsi dan tidak disimpan di server, membuat banyak orang menginstal dan bahkan menjadi penggemar aplikasi tersebut. Namun, Moxie Marlinspike, pencipta Signal, mengatakan bahwa tidak demikian halnya.

Dalam sebuah posting Twitter, Marlinspike menyebutkan bahwa :

“Sungguh menakjubkan bahwa setelah sekian lama, semua liputan saluran berita menyebut Telegram sebagai aplikasi perpesanan terenkripsi.”

Malinspike menyatakan bahwa pesan yang dikirim dan diterima melalui Telegram disimpan di server dengan cara yang sama seperti yang terlihat di aplikasi, yaitu, tanpa jenis enkripsi ujung ke ujung (E2EE), menunjukkan bahwa perlindungan minimal dan setiap orang dengan hak istimewa di Pusat Data perusahaan dapat mengaksesnya.

Mengenai "Obrolan Rahasia" di Telegram yang menggunakan E2EE, Malinspike mengatakan bahwa operasinya diragukan. Malinspike bahkan membandingkan fungsionalitas tersebut dengan apa yang ada di Facebook Messenger.

Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment