Performa MacBook Pro 16 M1 Pro Dengan 10/16 Cores

Post a Comment

 


Berbeda dengan MacBook Pro 14 yang lebih kecil, model 16 inci yang lebih besar selalu disertakan dengan versi lengkap SoC M1 Pro, sehingga Anda mendapatkan 10 inti CPU (2 inti efisiensi & 8 inti kinerja) yang dikombinasikan dengan 16 inti GPU. Jika Anda memilih komponen serupa, perbedaan harga antara kedua model hanya 230 Euro (~US$263).

Apple juga menawarkan dua versi chip M1 Max baru (dengan 24 atau 32 core GPU) sebagai peningkatan opsional. Kinerja CPU akan tetap sama; beberapa aplikasi mungkin mendapat manfaat dari lebih banyak memori. Anda dapat meningkatkan hingga 32 GB RAM dengan M1 Pro dan hingga 64 GB dengan M1 Max.

Prosesor - M1 Pro dengan 10 Core

M1 Pro terdiri dari dua klaster efisiensi (dua inti hingga 2.064 MHz) yang dikombinasikan dengan dua klaster kinerja dengan masing-masing 4 inti (hingga 3,2 GHz). Arsitektur inti inti tidak berbeda dari SoC Apple M1 tahun lalu, yang digunakan untuk MacBook Air dan MacBook Pro 13, misalnya. Ini berarti kinerja inti tunggal juga sebanding, yang juga berlaku untuk chip M1 Max opsional. Apple dapat bersaing dengan prosesor seluler modern dari AMD dan Intel dalam hal ini tetapi jauh lebih efisien (~paket 7 W & inti 4 W vs. ~20 W @Intel & ~15 W @AMD).

Tes Multi Cinebench R23, yang berjalan secara native di MacBook Pro 16, hanya menghasilkan konsumsi paket ~30 W dan ~27 W untuk inti. Ini sebanding dengan AMD Ryzen 7 5800U saat ini (Zen 3, 8 core, 16 thread), tetapi kinerjanya lebih rendah (~ 20%) dan sebanding dengan chip M1 Pro 8-core yang lebih kecil. Baik AMD maupun Intel memiliki CPU seluler dengan kinerja lebih tinggi di segmen 45 W, tetapi mereka juga mengonsumsi lebih banyak daya. Salah satu keunggulan utama MacBook Pro 16 baru adalah kinerjanya yang stabil, baik di bawah beban kerja yang berkelanjutan maupun dengan daya baterai.

Kinerja Sistem

MacBook Pro 16 baru adalah laptop multimedia yang sangat cepat dan semua tugas dijalankan dengan sangat cepat dan tanpa penundaan yang nyata. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Intel berkat Rosetta 2, dan ini bekerja dengan baik, tetapi Anda akan melihat perbedaan kinerja saat Anda menggunakan aplikasi kompleks seperti Photoshop atau Premiere Pro, di mana versi M1 jauh lebih tajam. Kami telah menyertakan hasil PugetBench, tetapi tidak benar-benar representatif karena hanya berjalan dengan aplikasi Adobe versi Intel yang diemulasi.

Patokan lintas platform CrossMark menunjukkan keunggulan MacBook Pro 16 dengan M1 Pro dibandingkan MacBook Pro 14 yang lebih kecil, tetapi ThinkPad P1 G4 dengan Core i7 dan GeForce RTX 3070 lebih cepat. Ini jelas akan tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan, dan jika Anda dapat memanfaatkan ProRes, misalnya, MacBook dengan chip M1 akan memiliki keuntungan besar.

Perangkat penyimpanan

Apple menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 yang lebih cepat untuk model MacBook Pro baru. Model dasar dikirimkan dengan SSD 512 GB; unit pengujian kami dilengkapi dengan drive 1 TB opsional. Kinerja baca mirip dengan SSD yang lebih kecil, tetapi model 1 TB lebih cepat dalam hal kinerja tulis. Secara keseluruhan, kecepatan transfer sangat bagus di lebih dari 5 GB/s. Apple menawarkan penyimpanan SSD internal hingga 8 TB, tetapi harganya sangat mahal (lompatan dari SSD 512 GB menjadi 8 TB adalah 2.760 Euro (~US$3.158))

Kinerja GPU

Berlawanan dengan MBP 14 yang lebih kecil, Apple hanya mengirimkan MBP 16 dengan M1 Pro SoC tercepat, yang menawarkan 10 inti CPU dan 16 inti GPU. Keunggulan dari GPU 14-core hanya 8-12% tergantung benchmark, jadi tidak terlalu besar. RTX 3050 Ti Nvidia di Dell XPS 15 terasa lebih cepat, dan pesaing terdekat Apple iGPU dalam hal kinerja adalah GeForce GTX 1650 khusus dari Nvidia. Namun, iGPU M1 jauh lebih efisien dan membutuhkan lebih sedikit daya.

Performa Game

Kemampuan bermain MacBook Pro 16 jauh lebih terbatas dibandingkan dengan laptop Windows karena tidak banyak game. Hanya ada beberapa judul dengan dukungan asli untuk macOS dan beberapa judul dapat ditiru atau dijalankan melalui perangkat lunak tambahan seperti CrossWare (seperti The Witcher 3 atau GTA V melalui Steam), tetapi MacBook bukanlah perangkat game. Anda jelas juga dapat memanfaatkan koleksi game Arcade Apple sendiri.

Tolok ukur permainan yang kami lakukan menunjukkan sedikit keunggulan untuk MacBook Pro 16 baru dibandingkan MBP 14 dengan GPU 14-inti dan juga MacBook Pro 16 lama dengan Radeon Pro 5500M khusus.

  1. Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro - Laptop Multimedia Terbaik untuk Pembuat Konten?
  2. Desain baru bekerja lebih baik di MacBook Pro 16
  3. Keyboard Ajaib dan Touch-ID dan Casing MacBook Pro 16 baru lebih besar
  4. Performa - M1 Pro dengan 10/16 Cores
  5. Layar MacBook Pro 16  - Liquid Retina XDR Mini-LED
  6. Konektivitas MacBook Pro 16 MagSafe hadir Kembali
  7. Emisi dari MacBook Pro 16 Sangat Senyap Dan Manajemen Energi- M1 Pro Sangat Efisien
Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment