Microsoft kembali untuk menantang Chromebook di kelas dengan Windows 11 SE, lengkap dengan Surface Laptop yang semuanya baru

Post a Comment


Selama bertahun-tahun, Microsoft telah berusaha sekuat tenaga untuk meniru kesuksesan Chrome OS pada perangkat kelas bawah. Windows RT, upaya pertama perusahaan yang gagal dengan perangkat ARM, diluncurkan hampir satu dekade lalu. Sementara itu, Mode Windows 10 S mencoba mengatasi masalah keamanan dengan membatasi penginstalan aplikasi, dan Windows 10X tampaknya menyederhanakan seluruh OS. Tidak pernah ada yang mundur dari tantangan, Microsoft kembali dengan pesaing Chromebook lainnya: Windows 11 SE.

Diumumkan hari ini bersama beberapa perangkat keras Surface baru, Windows 11 SE, sejak awal, dirancang hanya untuk pendidikan. Seharusnya tidak ada kekhawatiran di sini tentang apakah konsumen yang membeli platform ini akan bingung, menghindari kesulitan yang dihadapi Mode RT dan S setelah peluncuran. Windows 11 SE dibangun dari bawah ke atas untuk siswa K-8, sempurna untuk dijalankan pada perangkat keras kelas bawah. Jika kedengarannya familiar, itu karena Microsoft akan menyerang Google dengan langkah ini.

Sebagai produk yang berfokus pada pendidikan, Windows 11 SE memiliki cakupan yang terbatas. Aplikasi diluncurkan dalam mode layar penuh secara default, yang dirancang untuk membatasi gangguan saat berada di kelas. Penyimpanan cloud sudah ada di dalamnya, jadi Anda tidak bergantung pada konten lokal untuk tugas dan proyek. Tidak mengherankan, penginstalan aplikasi juga dibatasi — satu-satunya perangkat lunak di komputer ini disetujui oleh admin. Perangkat lunak pihak ketiga berfungsi dengan OS - Zoom dan Chrome secara khusus dipanggil secara default - tetapi Microsoft ingin pengguna hidup dalam ekosistemnya. Untuk itu, aplikasi Microsoft 365 dan Office tersedia di luar kotak.

Untuk memastikan pendidik memiliki perangkat keras untuk dipilih, laptop Surface baru diluncurkan bersama Windows 11 SE. Surface Laptop SE sangat mirip dengan Chromebook kelas bawah lainnya yang akan Anda temukan di sekolah akhir-akhir ini, hingga layar 720p 11,6" beresolusi rendah dan sasis besar yang melengkung. Microsoft menjanjikan masa pakai baterai hingga 16 jam, yang harus sempurna untuk digunakan selama hari sekolah. Ini didukung oleh Intel Celeron N4020 atau N4120, bersama dengan RAM hingga 8GB, semuanya mulai dari hanya $250.

Tidak seorang pun yang membaca ini dapat pergi ke toko ritel untuk mengambilnya — ini dirancang untuk siswa dan hanya akan tersedia melalui saluran perusahaan. Namun, ini adalah pesaing yang menarik untuk Chrome OS, pada dasarnya menangani Google di mana ia terlihat paling sukses dengan laptopnya. Dengan begitu banyak sekolah yang telah pindah ke Chromebook, akan menarik untuk melihat apakah Microsoft sudah terlambat untuk menemukan pijakan di pasar ini. Namun dibandingkan dengan Windows RT dan S Mode, versi ini tampaknya sudah jauh lebih menjanjikan.

Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment