Apa itu Protokol Desktop Jarak Jauh (RDP) ?

Post a Comment

 


Apa itu Protokol Desktop Jarak Jauh (RDP)?

Remote Desktop Protocol (RDP) adalah protokol, atau standar teknis, untuk menggunakan komputer desktop dari jarak jauh. Perangkat lunak desktop jarak jauh dapat menggunakan beberapa protokol yang berbeda, termasuk RDP, Arsitektur Komputasi Independen (ICA), dan komputasi jaringan virtual (VNC), tetapi RDP adalah protokol yang paling umum digunakan. RDP awalnya dirilis oleh Microsoft dan tersedia untuk sebagian besar sistem operasi Windows, tetapi juga dapat digunakan dengan sistem operasi Mac.

Apa yang dimaksud dengan 'desktop jarak jauh'?

Desktop jarak jauh adalah kemampuan untuk terhubung dengan dan menggunakan komputer desktop yang jauh dari komputer terpisah. Pengguna desktop jarak jauh dapat mengakses desktop mereka, membuka dan mengedit file, dan menggunakan aplikasi seolah-olah mereka benar-benar duduk di depan komputer desktop mereka. Karyawan sering menggunakan perangkat lunak desktop jarak jauh untuk mengakses komputer kerja mereka saat mereka bepergian atau bekerja dari rumah.

Akses remote desktop sangat berbeda dengan komputasi awan, meskipun keduanya memungkinkan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh. Dalam komputasi awan, pengguna mengakses file dan aplikasi yang disimpan di awan — khususnya, di server awan. Sebaliknya, saat menggunakan perangkat lunak desktop jarak jauh, pengguna sebenarnya mengakses komputer desktop fisik mereka, dan hanya dapat menggunakan file dan aplikasi yang disimpan secara lokal di desktop tersebut. Komputasi awan terkadang lebih mudah digunakan dan lebih efisien untuk diterapkan bagi tenaga kerja jarak jauh, tetapi banyak perusahaan belum bermigrasi ke awan, atau tidak bisa karena alasan keamanan atau peraturan.

Bagaimana cara kerja RDP?

Pikirkan drone atau mobil mainan yang dikendalikan dari jarak jauh. Pengguna menekan tombol dan mengarahkan drone atau mobil dari jauh, dan perintah mereka ditransmisikan ke kendaraan. Menggunakan RDP agak seperti itu: gerakan mouse pengguna dan penekanan tombol ditransmisikan ke komputer desktop mereka dari jarak jauh, tetapi melalui Internet, bukan melalui gelombang radio. Desktop pengguna ditampilkan di komputer yang mereka sambungkan, seolah-olah mereka sedang duduk di depannya.

Protokol RDP membuka saluran jaringan khusus untuk mengirim data bolak-balik antara mesin yang terhubung (remote desktop dan komputer yang sedang digunakan). Itu selalu menggunakan port jaringan 3389 untuk tujuan ini. Gerakan mouse, penekanan tombol, tampilan desktop, dan semua data lain yang diperlukan dikirim melalui saluran ini melalui TCP/IP, yang merupakan protokol transport yang digunakan untuk sebagian besar jenis lalu lintas Internet. RDP juga mengenkripsi semua data sehingga koneksi melalui Internet publik lebih aman.

Karena aktivitas keyboard dan mouse harus dienkripsi dan ditransmisikan melalui Internet, yang membutuhkan waktu beberapa milidetik, dan karena tampilan desktop harus ditransmisikan kembali ke pengguna, sedikit penundaan sering terjadi. Misalnya, jika pengguna mengklik dua kali pada aplikasi untuk membukanya, "klik dua kali" mungkin tidak berlangsung selama beberapa milidetik karena tindakan pengguna ditransmisikan ke desktop sebelum dilakukan. Kemudian, saat aplikasi dibuka, mungkin ada penundaan singkat lain saat tampilan dikirimkan kembali ke pengguna.

Apa pro dan kontra menggunakan RDP?

Ada beberapa keuntungan dari RDP. Salah satu keuntungannya adalah tidak memerlukan VPN. Itu juga menyimpan data yang tersimpan dengan aman di desktop pengguna, alih-alih menyimpannya di server cloud atau di perangkat pribadi pengguna yang tidak aman. Selain itu, RDP memungkinkan perusahaan dengan pengaturan TI lokal lama untuk memungkinkan karyawan mereka bekerja dari rumah.

Namun, RDP dapat menyebabkan pengguna mengalami kelambatan, terutama jika koneksi Internet lokal mereka lambat. Ini dapat membuat karyawan jarak jauh frustrasi dan mengurangi produktivitas mereka. RDP juga memiliki beberapa kerentanan keamanan serius yang membuatnya terbuka terhadap serangan dunia maya. 

Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment