Undang-Undang Terbaru Uni Eropa Wajib Menggunakan USB Type C di Semua Perangkat Smartphone

Post a Comment

 


Semua Pabrik Smartphone maupun perangkat pintar lainnya kini telah dinyatakan niat Uni Eropa untuk mengesahkan Undang-Undang agar semua perangkat smartphone untuk pengisian daya wajib menggunakan port USB Type C.

Peraturan itu akan berlaku untuk pasar Eropa, jika penjualan perangkat smartphone tersebut tidak memiliki port USB Type C maka akan dilarang saat aturan tersebut berlaku.

Pengisian daya menggunakan nirkabel tidak akan berlaku pada peraturan ini seperti speaker portable, kamera, konsil video gim portable maupun jenis headphone lainnya.

Perangkat yang memiliki tambahan port pengisian daya lainnya dibolehkan, asalkan tetap Port Utamanya adalah USB Type C. Perusahaan Besar Sebagian sudah menerapkan pada produk mereka sehingga bisa memangkas biaya maupun mengurangi pemborosan dana.

Dua Tahun yang diberikan oleh Uni Eropa kepada produsen untuk mematuhi aturan tersebut. Tujuan diterapkannya aturan ini yaitu mengurangi limbah elektronik dan memberikan rasa nyaman ke konsumen terhadap pengisian daya semua perangkat smartphone hanya menggunakan satu jenis pengisian daya saja yaitu USB Type C. Dari sisi konsumen sangat diuntungkan karena dapat mengurangi pemborosan dan semua perangkat bisa menggunakan USB Type C tersebut.

Thierry Breton Sebagai Komisaris Uni Eropa menyampaikan “Semua Perangkat elektronik diberikan daya pada pangisian daya. Terlalu banyak jenis pengisian daya sehingga banyak smartphone maka banyak juga pengisian daya yang berbeda-beda sehingga kami akan mengakhirinya. Dan Juga Satu pengisian daya untuk semua perangkat smartphone seluler cukup digunkan satu saja oleh konsumen Eropa.

Selama bertahun-tahun pada puncaknya Uni Eropa mengklaim undang-undang ini  berupaya untuk mengurangi banyaknya jumlah pengisian daya. Tiga Port yang digunakan oleh semua perangkat smartphone yaitu Micro USB, Lightning dan USB Type C.

Selama beberapa tahun terakhir micro USB menjadi raja pengisian daya akan tetapi secara bertahap menggantikan posisinaya yaitu USB Type C pada Smartphone android dan perangkat lainnya.

Minggu lalu Apple meluncurkan Iphone baru dan Port Lightning masih digunakan Iphone pada perusahaan tersebut, sehingga akan berdampak besar pada perusahaan Apple tersebut, sedangkan perusahaan lainnya sudah menggunakan USB Type C di semua perangkat yang akan diproduksi.

 

Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment