Cara Format Flashdisk

Post a Comment

Format flashdisk biasanya terjadi ketika kapasitas flashdisk penuh atau full, sehingga diperlukan menghapus seluruhnya daripada menghapus satu satu file atau folder yang membutuhkan waktu lebih lama.

Langkah-langkah tepat dan benar untuk menghapus semua file atau folder yang ada di flashdisk, berikut kami berikan cara format flashdisk sebagai berikut :

  • Hubungkan Flashdisk yang akan diformat ke laptop ataupun komputer.
  • Klik Windows Explorer dan klik kanan pada drive Flashdisk dan pilih Format
  • Pilih opsi yang kamu inginkan, mulai dari File system, Allocation Unit Size, Volume Label dan Format Options.
  • Jika sudah maka klik opsi Start untuk melanjutnya proses, terakhir akan muncul jendela peringatan, klik OK untuk melanjutkan proses sekaligus memulai proses formatting Flashdisk.

Ternyata tidak sulit bukan ? Informasi yang perlu diketahui dan dipahami sebelum memulainya format flashdisk. 

A. Volume label adalah Flashdisk yang akan kita berikan nama, nama bisa kita isi sesuai keinginan. Jenis Volume label memiliki limitasi sesuai dengan jenis file system yang dipilih, sebagai berikut :

·       NTFS, maksimum 32 huruf, akan ditampilkan dengan huruf besar ataupun kecil sesuai dengan ketikan.

·       FAT, maksimum 11 huruf, tidak bisa menggunakan karakter special (* ? . , ; : / \ | + = < > [ ]), semua huruf yang ditampilkan akan menjadi kapital.

B. Format Option biasanya, dengan pilihan Quick Format akan tercentang, Artinya Flashdisk hanya melakukan tugasnya menghapus file saja dan tidak melakukan deep scan. Ketika menghilangkan tanda centang pada pilihan tersebut, maka tidak melakukan formatting tetapi juga melakukan scanning pada Flashdisk untuk mendiagnosa masalah seperti bad sector, hal ini cukup memakan waktu dibandingkan dengan Quick Format.

C. File system memiliki tiga jenis sebagai berikut : NTFSFAT32 dan exFAT. 

D. Allocation Unit Size adalah Ruangan yang kecil yang terdapat file sistem untuk membuat  proses penulisan pada Flashdisk. Ruang pertisi yang dialokasikan semakin besar makan semakin besar juga performance sistem ketika membaca file flashdisk. Pilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan. Allocatiion size dengan ukuran besar bisa digunakan dengan tujuan menyimpan file yang lebih besar. Pilihan tepat Jika allocation size kecil sangat cocok untuk menyimpan file dengan ukuran kecil atau sedang


Admin Blogseger
Saya suka berbagi tutorial dan informasi yang bermanfaat untuk setiap manusia

Related Posts

Post a Comment